Pengikut

Selasa, 11 September 2012

Afifah Hasna M. D1511003

Pengertian Imitasi, Identifikasi, Sugesti, Simpati dan Empati
1.      Imitasi yaitu proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap penampilan, gaya hidupnya, bahkan apa-apa yang dimilikinya. Imitasi pertama kali muncul di lungkungan keluarga, kemudian lingkungan tetangga dan lingkungan masyarakat.
Contoh : Anak kecil mulai belajar dengan meniru apa yang di contohkan orang tua nya (perilaku/gerak-gerik, ucapan dll)
2.      Indentifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang ditirunya. Proses identifikasi tidak hanya terjadi melalui serangkain proses peniruan pola perilaku saja, tetapi juga melalui proses kejiwaaan yang sangat mendalam.
Contoh : Anak kecil yang meniru gaya atau penampilan artis sampai cara bicaranya juga di tiru.
3.      Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan sesorang individu kepad individu lain sehingga orang yang diberi sugesti menuruti atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.
Contoh : Pengaruh yang efeknya membuat diri kita menjadi percaya dan mengakuinya. (obat dari dukun cilik dengan mencelupkan batu ke air dan pasien meminumnya)
4.      Simpati adalah proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.
Contoh : Memberikan perhatian yang berupa bertanya, memperhatikan sifat atau sikap seseorang dengan mengajak bicara untuk terlihat akrab dan simpatik.
5.      Empati yaitu mirip dengan simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi dengan perasaan organisme tubuh yang sangat intens/dalam.
Contoh : Bentuk sikap atau perilaku yang melebihi dari simpati dengan member motivasi, menghibur atau memberikan sesuatu.

1 komentar: